Konfederasi sepak bola Asia (AFC) menilai, putusan sela Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) terhadap gugatan Persipura Jayapura belum sebagai putusan final. Menurutnya, putusan sela tidak memiliki ketentuan hukum yang mengikat.

"PSSI tidak perlu khawatir menanggapi berita ini. Sebab, saya pastikan bahwa ini baru sebatas keputusan sela atau belum final. Sedangkan keputusan akhirnya, baru dapat diumumkan 10 hari ke depan, atau terhitung sejak hari ini," kata Head Member Assosiations & Internal Relations AFC, James Johnson, kepada wartawan di sela-sela Rapat Kerja PSSI 2012, di Cisarua, Jawa Barat, Kamis (2/2/2012).

Oleh karena itulah, James menambahkan, CAS akan memanggil PSSI, AFC, dan Adelaide United yang notabene sebagai klub pengganti Persipura di Liga Champion Asia (LCA) dalam rentang waktu sepuluh hari tersebut untuk mendengarkan keterangan terkait keputusan itu.

Putusan sela ini merupakan proses dari gugatan Persipura untuk PSSI yang diajukan ke CAS. Persipura yang bermain di kompetisi Indonesia Super League (ISL) ini menilai, PSSI dan AFC berupaya menjegal tim berjuluk "Mutiara Hitam" itu untuk tampil dalam LCA.

PSSI mengaku tidak mendaftarkan Persipura untuk mengikuti LCA karena tegas menindak klub yang tidak mengikuti liga resmi di bawah PSSI. Oleh karena itu, AFC pun mengeluarkan larangan bagi Persipura untuk mengikuti LCA dan mengganti posisi Persipura dengan klub asal Australia, Adelaide United.


Sumber : Kompas Bola