Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng meminta PSSI di bawah kepemimpinan Djohar Arifin Husin untuk berkonsentrasi pada pembinaan daripada mengurusi konflik yang terjadi di tubuh PSSI. Hal itu disampaikannya dalam acara pelepasan timnas Indonesia U-17 di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jumat (3/2/2012).

Di tengah kisruh yang terjadi di induk sepak bola tertinggi di Indonesia itu, timnas U-17 memberikan prestasi membanggakan dengan menjuarai HKFA International Youth Football Invitation Tournament 2012.

"Harus dicari lagi pemain andal pada usia muda bisa sehingga dibuat lebih satu tim," kata Andi.

Andi menilai Indonesia memiliki segudang pemain muda bertalenta. Oleh karena itu, Andi mengharapkan PSSI bisa fokus terhadap pembinaan usia dini.

"Pendataan belum dilakukan menyeluruh. PSSI juga harus segera melakukan pendataan untuk Piala Dunia U-20 dan U-17," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Andi kembali menegaskan, seluruh pemain yang tergabung dalam timnas U-17 akan memperoleh beasiswa dari pemerintah. Mereka hanya diminta untuk menampilkan permainan terbaiknya saja dalam laga-laga regional dan internasional.

"Sebagian pemain sudah ada yang mendapat beasiswa di Diklat Ragunan dan PPLP yang dananya 100 persen dari pemerintah. Yang lain masih dibicarakan, tapi pasti mendapat beasiswa," ungkapnya.


Sumber : Kompas Bola